Wednesday, 08 August 2012 12:50

KNPI dan OKP Punya Peran Strategis Bumikan Nilai-nilai Al Quran

Written by 
Rate this item
(0 votes)

RMOL. Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) dan seluruh elemen organisasi kepemuduaan (OKP) memiliki peran strategis dalam membumikan pesan-pesan Al Quran di tengah-tengah masyarakat. Peran KNPI dan OKP utamanya dapat dilakukan melalui pembinaan akhlak dan karakter generasi muda. Pembinaan akhlak dan karakter inilah salah satu makna penting dari diturunkannya Al Quran.

Demikian disampaikan Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah, Saleh P. Daulay, ketika menjadi pembicara dalam peringatan Nuzulul Quran dan buka puasa bersama KNPI dan OKP tingkat nasional di kantor DPP KNPI Jalan Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa, (7/8).

"Al Quran itu pada umumnya memiliki dua pesan. Pertama, menyeru manusia untuk berbuat baik. Kedua, mencegah manusia dari berbuat kejahatan. Persoalan tauhid, ibadah, dan mu'amalah masuk pada bagian pertama. Sedangkan larangan berprilaku musyrik, berlaku tidak adil, dan berbuat aniaya masuk pada bagian kedua," jelasnya.

KNPI dan OKP, lanjut Saleh, merupakan elemen penting dalam pembumian pesan-pesan Al Quran. Melalui kepemimpinan, kemampuan menajerial, dan organisasional yang dimiliki, pembumian Al Quran melalui pembinaan akhlak dan karakter akan menjadi lebih mudah dan terarah. Tantangan generasi muda saat ini adalah munculnya fenomena degradasi moral di tengah-tengah masyarakat.

"Perkembangan teknologi informasi membawa dampak serius bagi masyarakat. Budaya-budaya asing dengan mudah merasuki generasi muda. Akibatnya, muncul berbagai macam penyakit sosial di tengah-tengah masyarkat. Lihat, misalnya, peredaraan narkoba, minuman keras, seks bebas, perampokan, dan lain-lain. Berita-berita tentang hal itu selalu menghiasi media-media kita," ujar Saleh.

Menurut Saleh, menjaga akhlak dan moralitas generasi muda berarti juga menjaga masa depan Indonesia. Suka atau tidak suka, generasi muda adalah pewaris estafet kepemimpinan bangsa. Kalau akhlak dan karakter mereka baik, maka akan baik pula masa depan bangsa, demikian pula sebaliknya.

"Dalam kaitan itu, sudah semestinya KNPI dan seluruh OKP yang ada kembali lagi merujuk pada Al Quran. Nilai-nilai Al Quran harus dihidupkan di tengah-tengah kehidupan generasi muda. Nilai-nilai luhur itu harus dijadikan sebagai landasan dalam pembinaan akhlak dan karakter para calon pemimpin bangsa tersebut," demikian Saleh mengakhiri.  [zul]

Sumber: http://www.rmol.co/read/2012/08/07/73904/SPD:-KNPI-dan-OKP-Punya-Peran-Strategis-Bumikan-Nilai-nilai-Al-Quran-

Read 2025 times
Saleh Daulay

Rumah online Anggota DPR-RI Fraksi PAN. Fight for Justice and Humanity.

Add comment


Security code
Refresh

Kontak

Gedung DPR-RI, Jl. Gatot Subroto, Nusantara I, Lantai 19, Senayan Jakarta.

Email: i[email protected]

DPR Links