Jadi Jubir Corona, dr. Reisa Diminta Tak Andalkan Tampang Saja

Masuknya dr. Reisa Broto Asmoro ke dalam Tim Komunikasi Publik Gugus Tugas Nasional Percepatan Penanganan Covid-19 mendapat tanggapan dari anggota dewan. Saleh Partaonan Daulay, anggota Komisi IX DPR RI, berpandangan bahwa pemerintah memang perlu menyusun tim komunikasi yang bagus terkait penanganan Covid-19. Tujuannya, kata dia, untuk menyampaikan pesan-pesan agar masyarakat bisa menjaga diri supaya tidak terdampak virus Corona.

Saleh menambahkan, tim komunikasi pemerintah (jubir) itu perlu diperkuat dengan konten atau isi materi yang disampaikan, supaya masyarakat lebih mudah untuk melaksanakannya. “Ini kan yang kelihatan atau yang disorot masyarakat itu justru orangnya. Sementara yang saya maksud ini selain orangnya tentu juga isi yang disampaikan dalam konferensi pers,” ujar Saleh kepada SINDOnews, Kamis (11/6/2020).

Menurut dia, ada beberapa hal yang diperhatikan masyarakat. “Pertama, siapa yang menyampaikan. Kedua, apa yang disampaikan. Ketiga, bagaimana cara menyampaikannya. Jadi, ketiga ini penting,” tuturnya.

Dia mengatakan, ketiga hal itu saling terikat satu dengan yang lain, alias tidak bisa terpisahkan. Sehingga, jika hanya mengandalkan penampilan atau tampang yang bagus, tidak didukung dengan cara penyampaian yang baik, tentu masyarakat kurang senang.

Namun, dia menilai orang yang menyampaikan memiliki pengaruh. “Orang yang menyampaikan itu berpengaruh, tapi tentu harus dikaitkan dengan siapa yang menyampaikan, apa yang disampaikan, kemudian bagaimana cara menyampaikan,” katanya.

“Kalau misalkan yang menyampaikan itu orangnya bagus, pintar, menarik, ya tentu orang akan mendengar, orang akan ingat, kemudian cara menyampaikannya santun bagus atau diksi-diksi yang baik, orang juga akan dengar. Kemudian, isinya itu mungkin mudah dimengerti, mudah dicerna, dan dapat dilaksanakan, masyarakat jadi senang,” pungkasnya.

 

Sumber: https://sumsel.sindonews.com/read/65910/720/jadi-jubir-corona-dr-reisa-diminta-tak-andalkan-tampang-saja-1591841219

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here